Jumat, 15 Maret 2024

MODUL AJAR

 


                                                

    I.      INFORMASI UMUM

A.      IDENTITAS  MODUL

Nama Penyusun

Stefanus Satu, S.Pd

Sekolah

SMK Negeri 1 Labuan Bajo

Program / Konsentrasi Keahlian

 Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Fase / Kelas / Semester

F / Kelas XII / Semester VI

Mata Pelajaran

Projek Kreatif dan Kewirausahaan  ( PKK )

Jumlah Pertemuan         

1  x Pertemuan  = 5  JP 

Alokasi Waktu  

 1 JP = 45 menit 

Elemen

Kewirausahaan

Capaian Pembelajaran ( CP )

Pada akhir fase F peserta didik mampu membaca peluang usaha dengan mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal SMK, serta menetapkan jenis usaha. Peserta didik mampu menyusun proposal usaha (business plan) yang meliputi perencanaan usaha, biaya produksi, break even point (BEP), dan return on investment (ROI). Peserta didik mampu memasarkan produk dengan menentukan segmen pasar, menentukan harga produk, dan menentukan media yang digunakan untuk memasarkan produk. Peserta didik mampu menerapkan prinsip Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), menjelaskan konsep HAKI, dan mematuhi peraturan tentang HAKI. Pada akhir fase F, peserta didik mampu menyusun laporan keuangan berupa laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

 

Topik Materi Pembelajaran

MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN

Tahun Pelajaran

2023/2024















B.    KOMPETENSI AWAL

  1. Siswa sudah mampu melakukan posting  Akun dari JURNAL  ke Akun yang sesuai di BUKU BESAR
  1. Siswa sudah mampu Menyusun Neraca Saldo
  1. Siswa sudah mampu melakukan Jurnal Penyesuaian ( Adjustment )
  1. Siswa sudah mampu mengerjakan Neraca Lajur / Kertas Kerja ( Workshit

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,   
  1. Bernalar Kritis
  1. Mandiri
  1. Gotong Royong
  1. Berkebhinekaan Global

D.     SARANA DAN PRASARANA

1.    Ruang kelas dilengkapi dengan proyektor, papan tulis, dan meja dan kursi yang cukup untuk peserta didik.

2.    Komputer dan akses internet untuk mencari informasi terkait perencanaan produk

E. TARGET PESERTA DIDIK

       Peserta didik reguler/tipikal: umum

 

F.  MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

  1. Model Pembelajaran adalah Problem Based Learning
  1. Methode Pembelajaran : Ceramah,  Diskusi  Kelompok,  Latihan Mengerjakan soal, Tanya Jawab


II. KOMPONEN INTI


A.   TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP )

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran  (KKTP)

1.    Peserta  dapat memahami pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan terdefinesi dengan baik

2.    Peserta didik dapat memahami jenis-jenis Laporan Keuangan

Jenis-jenis Laporan Keuangan  dapat diketahui dengan benar

3.    Peserta  didik mengetahui sumber informasi / data untuk mengerjakan Laporan Keuangan

Sumber informasi pengerjaan Laporan Keuangan dipahami dengan jelas

4.    Peserta didik dapat membuat format  masing-masing Laporan Keuangan

Format Laporan Keuangan dapat Digambar atau dibuat dengan benar

5.    Peserta didik dapat menerapkan prosedur pembuatan Laporan Keuangan

Prosedur pengerjaan Laporan Keuangan dapat diterapkan dengan benar

6.    Peserta Didik dapat membuat Laporan Keuangan

Laporan Keuangan dapat dibuat dengan benar

 

 

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

Output proses pengerjaan Akuntansi adalah Laporan Keuangan. Laporan Keuangan menunjukkan Laporan posisi keuangan dan kinerja operasional Perusahaan selama satu periode akuntansi

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

  1. Dapatkah anak-anak menyebutkan jenis-jenis Laporan Keuangan
  1. Jelaskan sumber informasi untuk dapat Menyusun Laporan Keuangan
  1. Siapakah pihak-pihak yang membutuhkan Laporan Keuangan

 


D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE …….

1.       Kegiatan Pendahuluan

a.             Salam

Salam, Doa, Absensi, Cek kesiapan dan kerapian siswa, cek ruangan dan kelengkapan pembelajaran

b.          Membuat Kesepakatan

  1. Mengikuti pembelajaran dengan tertib
  2. HP dibuat Mode Silent dan digunakan jika diperintah
  3. Jika ingin ke toilet harus ijin
  4. Aktif selama proses pembelajaran ( tanya dan jawab  )
  5. Siswa yang terlambat, kedapatan  tidur dan buat onar diberi sanksi

c.Komonikasi Tujuan Pembelajaran

Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disajikan dan Capaian Pembelajaran yang diharapkan diketahui dan dimiliki peserta didik.


2.  Kegiatan Inti

  1.  Informasi Tujuan Pembelajaran

Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disajikan dan Capaian Pembelajaran yang diharapkan diketahui dan dimiliki peserta didik.

  1. Brainstorming ( Curah Pendapat atau pengalaman

Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik atau mereview  topik pembelajaran sebelumnya

  1. Bentuk Kelompok

Guru memfasilitasi pengelompokan peserta didik ke dalam 5 kelompok. Siswa yang dinilai mampu berdasarkan asesmen sebelumnya didistribusikan ke setiap kelompok

  1. Explore

Guru membantu peserta didik mengexplore di Internet tentang Laporan Keuangan. Ketik kata kunci “Laporan Keuangan Akuntansi “ pada kotak Brosing google. Contoh  https://mekari.com/blog/laporan-keuangan-perusahaan-jasa/

https://accurate.id/akuntansi/contoh-laporan-keuangan-perusahaan-jasa/

https://repositori.kemdikbud.go.id/12090/1/akuntansi%20perusahaan.pdf

  1. Diskusi

Setelah peserta didik melakukan explore materi, Guru memandu diskusi peserta didik   dengan mengajukan beberapa pertanyaan penuntun:

  1. Ada berapa jenis Laporan keuangan yang harus dibuat Perusahaan jasa
  2. Jelaskan urutan prosedur pembuatan Laporan Keuangan. Mengapa demikian
  3. Jelaskan jenis-jenis akun yang ada pada masing-masing jenis Laporan Keuangan
  1. Presentasi

Peserta didik melakukan presentasi hasil diskusi kelompok dihadapan teman kelompok lain.

  1. Bimbingan

Guru bertindak sebagai pembimbing yang menuntun diskusi dan presentasi berjalan aman dan tidak mebias di luar topik bahasan

  1. Penguatan Materi

Setelah semua kelompok melakukan presentasi materi hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang materi yang dibahas dan diskusikan oleh peserta didik yaitu Pengertian Laporan Keuangan, Jenis Laporan Keuangan, Sumber informasi pembuatan Laporan Keuangan, bentuk format Laporan Keuangan, urutan prosedur pembuatan Laporan Keuangan dan contoh pembuatan Laporan keuangan


3. Kegiatan Penutup

  1. Apresiasi

Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas kehadiran, keaktifan selama proses pembelajaran dan ketaatan atas kesepakatan yang telah dibuat

  1. Tugas Rumah

Guru memberikan tugas kepada peserta didk terkait materi yang telah dibahas untuk dikerjakan di rumah baik secara individu maupun kelompok

  1. Topik Bahasan berikut

Guru menginformasikan topik bahasan pada pertemuan berikutnya untuk dapat dipelajari peserta didik

  1. Refleksi Siswa

1.   Bagaimana perasaanmu setelah menerima topik bahasan ini?

2.   Apakah menurutmu topik bahasan ini penting?

3.   Selain diterima di sekolah, bagaimana usahamu di luar sekolah memperdalam pemahaman tentang Laporan Keuangan

4.   Apakah siswa termotivasi untuk terus belajar  Akuntansi?

  1. Refleksi Guru

1.   Bagaimana menurut anda tentang cara penyajian materi ini oleh guru / Instruktur

2.   Apakah menurut siswa , guru / Instruktur  sangat menguasai materi bahasan ini?

  1. Motivasi

Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dan harapan-haran sukses masa depan melalui P5

  1. Doa dan Salam

Guru meminta siswa Piket untuk pimpin doa dan salam penutup

 

 

III. ASESMEN

Item

Uraian

A.         Judul

Menyusun Laporan Keuangan

B.         Tujuan

Menilai kemampuan peserta didik  dan mengetahui Tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran

C.         Jenis

Asesmen Diagostik ( Non Pengetahuan dan Pengetahuan )

Asesmen Formatif ( Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan

Asesmen Sumatif

D.         Teknik

Observasi, Test Tertulis, dan Portofolio


Soal Asesmen Tertulis ( Asesmen Pengetahuan )

Tulislah :

Nama                    : …………………………….

Kelas                     : …………………………….

Instruksi               : Jawablah dengan benar

Soal                       :

1.       Jelaskan pengertian Laporan Keuangan, fungsi dan tujuannya

2.       Siapa sajakah yang sangat berkepentingan dengan Laporan Keuangan yang dibuat Perusahaan

3.       Jelaskan jenis-jenis Laporan Keuangan

4.       Data apakah yang perlu disiapkan agar dapat Menyusun Laporan Keuangan

5.       Laporan yang menggambarkan posisi Harta, Utang dan Modal Perusahaan adalah ……………..

6.       Laporan yang menggambarkan Perusahaan mengalami Keuntungan atau Rugi adalah …………………..

Asesmen Keterampilan ( Porto Folio )   

Tulislah :

Nama                    : ………………………….

Kelas                     : ………………………….

Instruksi               : Buatlah Laporan Keuangan Perusahaan seperti pada soal berikut.

Soal                        :

Diketahui Neraca Saldo Perusahaan Jasa “ Bengkel Raja Jaya” milik Paul Sanjaya sebagai berikut.

No Akun

Akun/Perkiraan

Debet ( Rp )

Kredit ( Rp )

111

Kas

6.610.000

 

112

Piutang Usaha

21.900.000

 

113

Bahan Habis Pakai

1.820.000

 

121

Peralatan

37.860.000

 

211

Utang Usaha

 

3.050.000

212

Pendapatan Diterima Dimuka

 

4.800.000

311

Modal Paul Sanjaya

 

55.700.000

312

Prive Paul Sanjaya

2.500.000

 

411

Pendapatan Bengkel

 

71.450.000

511

Beban Gaji

38.210.000

 

512

Beban Sewa

13.790.000

 

513

Beban Listrik dan Air

10.050.000

 

514

Beban Lain-lain

2.260.000

 

 

Jumlah

 

 

IV. RUBRIK

A.         Penilaian Sikap

Aspek Penilaian

Skala Penilaian

1

2

3

Kerja Sama

 

 

 

Partisipasi

 

 

 

Disiplin

 

 

 

         
  Keterangan: 1. Rendah           2. Cukup                 3. Baik

A.         Penilaian Pengetahuan

Aspek Penilaian

Skala Penilaian

1

2

3

4

Pemahaman Konsep

 

 

 

 

Penggunaan Data

 

 

 

 

Pemahaman Prosedur

 

 

 

 

   Keterangan : 1.  Kurang           2.  Cukup              3. Baik                      4. Baik Sekali

A.         Penilaian Keterampilan ( Porto folio / Menyusun Laporan Keuangan )

Aspek Penilaian

Skala Penilaian

1

2

Keterangan

Laporan Memiliki Judul

 

 

 

Posisi Akun sesuai Saldo Normal

 

 

 

Laporan Balance Debet dan Kredit

 

 

 

     Keterangan        : 1.  YA                  2. TIDAK

IV. RENCANA TINDAK LANJUT ( RTL )

Kegiatan

Keterangan

Pengayaan

Peserta didik yang telah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik akan diberikan tugas tambahan yang lebih menantang untuk memperluas pemahaman mereka tentang Laporan Keuangan

Remedial

Peserta didik yang memerlukan bantuan tambahan akan diberikan waktu tambahan untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan mereka dalam Menyusun Laporan Keuangan

Komunikasi  Guru dan Orang Tua Peserta Didik

Dilakukan pertemuan antara orang tua murid dan guru untuk membahas perkembangan peserta didik dalam Menyusun Laporan Keuangan  serta memberikan rekomendasi atau dukungan yang diperlukan


Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD )

 

Nama                    : ……………………………….

Kelas                      : ……………………………….

Hari/Tanggal      : ……………………………….

Judul                     : Menyusun Laporan Keuangan

Tujuan                  : Siswa dapat menyusun Laporan Keuangan ( Laba/Rugi, Perubahan Modal dan

                                Neraca Akhir

Instruksi               : Buatlah Laporan Keuangan Perusahaan seperti pada soal berikut.

Soal                        :Diketahui Neraca Saldo Perusahaan Jasa “ Mutiara Kasih ” milik Kekasi seba gai berikut.

No Akun

Akun/Perkiraan

Debet ( Rp )

Kredit ( Rp )

111

Kas

6.610.000

 

112

Piutang Usaha

21.900.000

 

113

Bahan Habis Pakai

1.820.000

 

121

Peralatan

37.860.000

 

211

Utang Usaha

 

3.050.000

212

Pendapatan Diterima Dimuka

 

4.800.000

311

Modal Paul Sanjaya

 

55.700.000

312

Prive Paul Sanjaya

2.500.000

 

411

Pendapatan Bengkel

 

71.450.000

511

Beban Gaji

38.210.000

 

512

Beban Sewa

13.790.000

 

513

Beban Listrik dan Air

10.050.000

 

514

Beban Lain-lain

2.260.000

 

 

Jumlah

 

 

 LKPD: 1

……………………………………….

……………………………………….

……………………………………….

No Akun

Akun/Perkiraan

Debet ( Rp )

Kredit ( Rp )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKPD: 2

……………………………………….

……………………………………….

……………………………………….

No Akun

Akun/Perkiraan

Debet ( Rp )

Kredit ( Rp )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKPD: 3

……………………………………….

……………………………………….

……………………………………….

No Akun

Akun/Perkiraan

Debet ( Rp )

Kredit ( Rp )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

























































































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar