I. INFORMASI UMUM
Nama Penyusun |
Stefanus
Satu, S.Pd |
Sekolah |
SMK Negeri 1 Labuan Bajo |
Program / Konsentrasi Keahlian |
Akuntansi
dan Keuangan Lembaga |
Fase / Kelas / Semester |
F / Kelas XII / Semester VI |
Mata Pelajaran |
Projek Kreatif dan Kewirausahaan ( PKK ) |
Jumlah Pertemuan |
1 x
Pertemuan = 5 JP |
Alokasi Waktu |
1
JP = 45 menit |
Elemen |
Kewirausahaan |
Capaian Pembelajaran
( CP ) |
Pada
akhir fase F peserta didik mampu membaca peluang usaha dengan
mengidentifikasi potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal SMK,
serta menetapkan jenis usaha. Peserta didik mampu menyusun proposal usaha
(business plan) yang meliputi perencanaan usaha, biaya produksi, break even
point (BEP), dan return on investment (ROI). Peserta didik mampu memasarkan
produk dengan menentukan segmen pasar, menentukan harga produk, dan
menentukan media yang digunakan untuk memasarkan produk. Peserta didik mampu
menerapkan prinsip Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), menjelaskan konsep
HAKI, dan mematuhi peraturan tentang HAKI. Pada akhir fase F, peserta didik
mampu menyusun laporan
keuangan berupa laporan
neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus
kas. |
Topik Materi
Pembelajaran |
MENYUSUN LAPORAN
KEUANGAN |
Tahun Pelajaran |
2023/2024 |
B. KOMPETENSI AWAL |
|
|
|
|
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
|
|
|
|
|
D.
SARANA DAN PRASARANA |
1. Ruang kelas dilengkapi dengan proyektor,
papan tulis, dan meja dan kursi yang cukup untuk peserta didik. |
2. Komputer dan akses internet untuk
mencari informasi terkait perencanaan produk |
E. TARGET PESERTA DIDIK |
Peserta didik reguler/tipikal: umum |
|
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN |
|
|
II.
KOMPONEN INTI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN ( TP ) |
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) |
1. Peserta dapat memahami pengertian Laporan Keuangan |
Pengertian
Laporan Keuangan terdefinesi dengan baik |
2. Peserta
didik dapat memahami jenis-jenis Laporan Keuangan |
Jenis-jenis
Laporan Keuangan dapat diketahui
dengan benar |
3. Peserta didik mengetahui sumber informasi / data
untuk mengerjakan Laporan Keuangan |
Sumber
informasi pengerjaan Laporan Keuangan dipahami dengan jelas |
4. Peserta
didik dapat membuat format
masing-masing Laporan Keuangan |
Format Laporan
Keuangan dapat Digambar atau dibuat dengan benar |
5. Peserta
didik dapat menerapkan prosedur pembuatan Laporan Keuangan |
Prosedur
pengerjaan Laporan Keuangan dapat diterapkan dengan benar |
6. Peserta
Didik dapat membuat Laporan Keuangan |
Laporan
Keuangan dapat dibuat dengan benar |
|
|
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
Output proses
pengerjaan Akuntansi adalah Laporan Keuangan. Laporan Keuangan menunjukkan
Laporan posisi keuangan dan kinerja operasional Perusahaan selama satu
periode akuntansi |
|
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
|
|
|
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
PERTEMUAN KE ……. |
|
1. Kegiatan Pendahuluan |
|
a.
Salam |
Salam, Doa,
Absensi, Cek kesiapan dan kerapian siswa, cek ruangan dan kelengkapan
pembelajaran |
b. Membuat Kesepakatan |
|
c.Komonikasi Tujuan Pembelajaran |
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disajikan dan Capaian
Pembelajaran yang diharapkan diketahui dan dimiliki peserta didik. |
2. Kegiatan Inti |
|
|
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan disajikan dan Capaian
Pembelajaran yang diharapkan diketahui dan dimiliki peserta didik. |
|
Guru
memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik atau mereview topik pembelajaran sebelumnya |
|
Guru
memfasilitasi pengelompokan peserta didik ke dalam 5 kelompok. Siswa yang
dinilai mampu berdasarkan asesmen sebelumnya didistribusikan ke setiap
kelompok |
|
Guru membantu
peserta didik mengexplore di Internet tentang Laporan Keuangan. Ketik kata
kunci “Laporan Keuangan Akuntansi “ pada kotak Brosing google. Contoh https://mekari.com/blog/laporan-keuangan-perusahaan-jasa/ https://accurate.id/akuntansi/contoh-laporan-keuangan-perusahaan-jasa/ https://repositori.kemdikbud.go.id/12090/1/akuntansi%20perusahaan.pdf |
|
Setelah
peserta didik melakukan explore materi, Guru memandu diskusi peserta
didik dengan mengajukan beberapa
pertanyaan penuntun:
|
|
Peserta didik
melakukan presentasi hasil diskusi kelompok dihadapan teman kelompok lain. |
|
Guru bertindak
sebagai pembimbing yang menuntun diskusi dan presentasi berjalan aman dan
tidak mebias di luar topik bahasan |
|
Setelah semua
kelompok melakukan presentasi materi hasil diskusi, guru memberikan penguatan
tentang materi yang dibahas dan diskusikan oleh peserta didik yaitu
Pengertian Laporan Keuangan, Jenis Laporan Keuangan, Sumber informasi
pembuatan Laporan Keuangan, bentuk format Laporan Keuangan, urutan prosedur
pembuatan Laporan Keuangan dan contoh pembuatan Laporan keuangan |
3. Kegiatan Penutup |
|
|
Guru
memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas kehadiran, keaktifan
selama proses pembelajaran dan ketaatan atas kesepakatan yang telah dibuat |
|
Guru
memberikan tugas kepada peserta didk terkait materi yang telah dibahas untuk
dikerjakan di rumah baik secara individu maupun kelompok |
|
Guru
menginformasikan topik bahasan pada pertemuan berikutnya untuk dapat
dipelajari peserta didik |
|
1. Bagaimana
perasaanmu setelah menerima topik bahasan ini? 2. Apakah
menurutmu topik bahasan ini penting? 3. Selain
diterima di sekolah, bagaimana usahamu di luar sekolah memperdalam pemahaman
tentang Laporan Keuangan 4. Apakah
siswa termotivasi untuk terus belajar
Akuntansi? |
|
1. Bagaimana
menurut anda tentang cara penyajian materi ini oleh guru / Instruktur 2. Apakah
menurut siswa , guru / Instruktur
sangat menguasai materi bahasan ini? |
|
Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik dan harapan-haran sukses masa depan
melalui P5 |
|
Guru meminta
siswa Piket untuk pimpin doa dan salam penutup |
|
|
III. ASESMEN
Item |
Uraian |
A.
Judul |
Menyusun Laporan
Keuangan |
B.
Tujuan |
Menilai
kemampuan peserta didik dan mengetahui
Tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran |
C.
Jenis |
Asesmen
Diagostik ( Non Pengetahuan dan Pengetahuan ) Asesmen
Formatif ( Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Asesmen
Sumatif |
D.
Teknik |
Observasi,
Test Tertulis, dan Portofolio |
Soal Asesmen
Tertulis ( Asesmen Pengetahuan )
Tulislah :
Nama : …………………………….
Kelas : …………………………….
Instruksi : Jawablah dengan benar
Soal :
1. Jelaskan
pengertian Laporan Keuangan, fungsi dan tujuannya
2. Siapa
sajakah yang sangat berkepentingan dengan Laporan Keuangan yang dibuat
Perusahaan
3. Jelaskan
jenis-jenis Laporan Keuangan
4. Data
apakah yang perlu disiapkan agar dapat Menyusun Laporan Keuangan
5. Laporan
yang menggambarkan posisi Harta, Utang dan Modal Perusahaan adalah ……………..
6. Laporan yang menggambarkan Perusahaan mengalami Keuntungan atau Rugi adalah …………………..
Asesmen
Keterampilan ( Porto Folio )
Tulislah :
Nama : ………………………….
Kelas : ………………………….
Instruksi : Buatlah Laporan Keuangan
Perusahaan seperti pada soal berikut.
Soal :
Diketahui Neraca
Saldo Perusahaan Jasa “ Bengkel Raja Jaya” milik Paul Sanjaya sebagai berikut.
No
Akun |
Akun/Perkiraan |
Debet
( Rp ) |
Kredit
( Rp ) |
111 |
Kas |
6.610.000 |
|
112 |
Piutang Usaha |
21.900.000 |
|
113 |
Bahan Habis
Pakai |
1.820.000 |
|
121 |
Peralatan |
37.860.000 |
|
211 |
Utang Usaha |
|
3.050.000 |
212 |
Pendapatan
Diterima Dimuka |
|
4.800.000 |
311 |
Modal Paul
Sanjaya |
|
55.700.000 |
312 |
Prive Paul
Sanjaya |
2.500.000 |
|
411 |
Pendapatan
Bengkel |
|
71.450.000 |
511 |
Beban Gaji |
38.210.000 |
|
512 |
Beban Sewa |
13.790.000 |
|
513 |
Beban Listrik
dan Air |
10.050.000 |
|
514 |
Beban
Lain-lain |
2.260.000 |
|
|
Jumlah |
|
|
IV. RUBRIK
A.
Penilaian Sikap |
|||
Aspek
Penilaian |
Skala
Penilaian |
||
1 |
2 |
3 |
|
Kerja Sama |
|
|
|
Partisipasi |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
A.
Penilaian Pengetahuan |
||||
Aspek
Penilaian |
Skala
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Pemahaman
Konsep |
|
|
|
|
Penggunaan
Data |
|
|
|
|
Pemahaman
Prosedur |
|
|
|
|
Keterangan : 1. Kurang 2. Cukup 3. Baik 4. Baik Sekali
A.
Penilaian Keterampilan ( Porto folio /
Menyusun Laporan Keuangan ) |
|||
Aspek Penilaian |
Skala Penilaian |
||
1 |
2 |
Keterangan |
|
Laporan Memiliki Judul |
|
|
|
Posisi Akun sesuai Saldo Normal |
|
|
|
Laporan Balance Debet dan Kredit |
|
|
|
Keterangan : 1.
YA 2. TIDAK
IV. RENCANA TINDAK LANJUT ( RTL )
Kegiatan |
Keterangan |
Pengayaan |
Peserta didik yang telah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik akan
diberikan tugas tambahan yang lebih menantang untuk memperluas pemahaman
mereka tentang Laporan Keuangan |
Remedial |
Peserta didik yang memerlukan bantuan tambahan akan diberikan waktu
tambahan untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan mereka dalam Menyusun
Laporan Keuangan |
Komunikasi Guru dan Orang Tua Peserta Didik |
Dilakukan pertemuan antara orang tua murid dan guru untuk membahas
perkembangan peserta didik dalam Menyusun Laporan Keuangan serta memberikan rekomendasi atau dukungan
yang diperlukan |
Lembar Kerja
Peserta Didik ( LKPD )
Nama :
……………………………….
Kelas : ……………………………….
Hari/Tanggal : ……………………………….
Judul : Menyusun
Laporan Keuangan
Tujuan : Siswa
dapat menyusun Laporan Keuangan ( Laba/Rugi, Perubahan Modal dan
Neraca Akhir
Instruksi : Buatlah Laporan Keuangan Perusahaan seperti pada
soal berikut.
Soal :
No
Akun |
Akun/Perkiraan |
Debet
( Rp ) |
Kredit
( Rp ) |
111 |
Kas |
6.610.000 |
|
112 |
Piutang Usaha |
21.900.000 |
|
113 |
Bahan Habis
Pakai |
1.820.000 |
|
121 |
Peralatan |
37.860.000 |
|
211 |
Utang Usaha |
|
3.050.000 |
212 |
Pendapatan
Diterima Dimuka |
|
4.800.000 |
311 |
Modal Paul
Sanjaya |
|
55.700.000 |
312 |
Prive Paul
Sanjaya |
2.500.000 |
|
411 |
Pendapatan
Bengkel |
|
71.450.000 |
511 |
Beban Gaji |
38.210.000 |
|
512 |
Beban Sewa |
13.790.000 |
|
513 |
Beban Listrik
dan Air |
10.050.000 |
|
514 |
Beban
Lain-lain |
2.260.000 |
|
|
Jumlah |
|
|
……………………………………….
……………………………………….
……………………………………….
No
Akun |
Akun/Perkiraan |
Debet
( Rp ) |
Kredit
( Rp ) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LKPD: 2
……………………………………….
……………………………………….
……………………………………….
No
Akun |
Akun/Perkiraan |
Debet
( Rp ) |
Kredit
( Rp ) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LKPD: 3
……………………………………….
……………………………………….
……………………………………….
No
Akun |
Akun/Perkiraan |
Debet
( Rp ) |
Kredit
( Rp ) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar